PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/11899/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua
terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan
orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1
Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 406 siswa. Sampel diambil
sebanyak 100 siswa dengan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda,
uji keberartian regresi linear ganda (uji F), uji keberartian koefisien regresi linier
ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan
sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hasil analisis regresi memperoleh
persamaan Y = 16,882 + 0,590X1 + 0,506X2 yang menunjukkan bahwa prestasi
belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan dorongan orang tua. 2)
Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,272 > 1,985 dengan
nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Dorongan orang tua
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan
analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,700 > 1,985 dengan nilai probabilitas
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara
fasilitas belajar siswa dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi
pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.
Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,948 > 3,090 dengan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel fasilitas belajar
memberikan sumbangan efektif 19,9%. Variabel dorongan orang tua memberikan
sumbangan efektif 22,7%. |
---|