PENGARUH STATUS ANAK DAN PARTISIPASINYA DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh status anak terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 2) Pengaruh partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 3) Pengaruh st...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11898/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh status anak
terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 2)
Pengaruh partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar
ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 3) Pengaruh status anak
dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar ekonomi
pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karatasura.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011
yang berjumlah 177. Sampel diambil sebanyak 44 orang siswa dengan teknik
propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji
keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula
perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Status anak pengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1
Kartasura. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,018 > 2,020 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 2) Partisipasi siswa dalam interaksi edukatif
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu
3,662 > 2,020 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Status anak dan
partisipasi siswa dalam interaksi edukatif secara bersama-sama berpengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 15,339 >
3,226 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel status anak
memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel partisipasi siswa dalam interaksi
edukatif memberikan sumbangan efektif 24,6%. Dengan demikian nampak bahwa
variabel partisipasi siswa dalam interaksi edukatif memiliki pengaruh yang lebih
dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel status anak. |
---|