PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berhitung khususnya tentang penjumlahan, (2) untuk mengetahui prosentase hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI khususnya tentang penjumlahan. Penelitian ini menggunakan model siklus sedangkan subjek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTI , DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11896/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995465422307328
author HASTUTI , DEWI
author_facet HASTUTI , DEWI
author_sort HASTUTI , DEWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berhitung khususnya tentang penjumlahan, (2) untuk mengetahui prosentase hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI khususnya tentang penjumlahan. Penelitian ini menggunakan model siklus sedangkan subjek penelitian antara lain: (1) subjek pelaksana tindakan, yaitu peneliti sebagai pengajar yang mengimplementasikan pembelajaran matematika melalui metode jarimatika beserta observer, (2) subjek penerima tindakan, yaitu siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika pada siklus I dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 73,82 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 70,59 %. Sedangkan pada siklus II dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 80,29 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 82,36 %. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dengan menggunakan metode jarimatika dapat disimpulkan bahwa, guru telah mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11896
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11896 https://eprints.ums.ac.id/11896/ PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010 HASTUTI , DEWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berhitung khususnya tentang penjumlahan, (2) untuk mengetahui prosentase hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI khususnya tentang penjumlahan. Penelitian ini menggunakan model siklus sedangkan subjek penelitian antara lain: (1) subjek pelaksana tindakan, yaitu peneliti sebagai pengajar yang mengimplementasikan pembelajaran matematika melalui metode jarimatika beserta observer, (2) subjek penerima tindakan, yaitu siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika pada siklus I dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 73,82 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 70,59 %. Sedangkan pada siklus II dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 80,29 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 82,36 %. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dengan menggunakan metode jarimatika dapat disimpulkan bahwa, guru telah mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/1/HALAMAN_DEPAN_sd._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11896/19/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf HASTUTI , DEWI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510081062
spellingShingle L Education (General)
HASTUTI , DEWI
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort peningkatan kemampuan berhitung pokok bahasan penjumlahan melalui metode jarimatika dalam pembelajaran matematika siswa kelas ii sdn mojosongo vi kecamatan jebres kota surakarta tahun 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11896/
work_keys_str_mv AT hastutidewi peningkatankemampuanberhitungpokokbahasanpenjumlahanmelaluimetodejarimatikadalampembelajaranmatematikasiswakelasiisdnmojosongovikecamatanjebreskotasurakartatahun2010