PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DENGAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 01 CELEP KEDAWUNG SRAGEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran utama yang dipelajari oleh siswa kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen. Daur hidup hewan merupakan salah satu pokok bahasan dari mata pelajaran IPA yang berisi materi mengenai daur hidup hewan yang cenderung berisi gambar-gambar dan penjelasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Susmartini , Adi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11893/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran utama yang dipelajari oleh siswa kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen. Daur hidup hewan merupakan salah satu pokok bahasan dari mata pelajaran IPA yang berisi materi mengenai daur hidup hewan yang cenderung berisi gambar-gambar dan penjelasannya mengenai urut-urutan siklus hidup hewan dari awal (telur) hingga akhir (dewasa) hingga ke awal lagi. Kenyataan menunjukkan hasil belajar belum memuaskan, minat dan motivasi siswa dalam belajar masih kurang. Berdasarkan karakteristik materi daur hidup hewan dan latar belakang masalah tersebut, penulis memilih menerapkan strategi Picture and Picture dalam pembelajaran karena strategi ini merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup hewan dengan strategi Picture and Picture di kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data menggunakan data kepustakaan, metode tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes, pedoman observasi dan lembar hasil tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) data kuantitatif dengan analisis deskriptif komparatif, dan (2) data kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) hasil penilaian terhadap pengamatan, skor keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus I adalah 6,0 (cukup), siklus II adalah 8,0 (baik), dan siklus III adalah 9,14 (sangat baik). (2) Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 14 siswa (70%), siklus II sebanyak 18 siswa (90%) dan siklus III sebanyak 19 siswa (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup hewan di kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen semester I tahun pelajaran 2010/2011.