UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 WADUNGGETAS KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Globalisasi dapat membawa dampak negatif bagi anak, diantaranya anak bersifat individual, kepedulian terhadap orang lain menipis. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk meningkatkan sikap demokratis dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap orang lain. 2). Untuk meningkatkan keberanian bertan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11892/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Globalisasi dapat membawa dampak negatif bagi anak, diantaranya anak
bersifat individual, kepedulian terhadap orang lain menipis. Tujuan penelitian ini
adalah : 1). Untuk meningkatkan sikap demokratis dan menumbuhkan rasa
kepedulian terhadap orang lain. 2). Untuk meningkatkan keberanian bertanya dan
mengemukakan pendapat, 3). Untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2
Wadunggetas Wonosari, Klaten dengan menggunakan pembelajaran kooperatif
model jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
prosedur kerja yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri atas
empat tahapan yaitu tahap Perencanaan., Pelaksanaan tindakan, Observasi dan
Refleksi. Siklus dihentikan jika konsentrasi hasil belajar telah mencapai 75% dari
jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2
Wadunggetas Wonosari, Klaten yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan sikap demokratis, kepedulian
sosial, dan keberanian bertanya. Nilai rata-rata kelas yang semula 63 pada pra
tindakan menjadi 68 pada siklus I. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat
dari 68 menjadi 72. Adapun peningkatan dari siklus II ke siklus III dari 72 menjadi
76. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan
pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kerjasama kelompok yang
akhirnya berdampak meningkatnya hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Wadunggetas,
Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. |
---|