UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas)
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, den...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11890/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995463784431616 |
---|---|
author | SUHARTI , SUHARTI |
author_facet | SUHARTI , SUHARTI |
author_sort | SUHARTI , SUHARTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan penerapan teknik
parafrase wacana dialog. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 27 siswa
(12 putra dan 15 putri) dan guru kelas IV SD. Sumber data yang digunakan yaitu: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, tes/pemberian tugas menulis, dan analisis. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, analisis masalah, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survey awal, siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran dan peran peneliti sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan : 1) keaktifan siswa; 2) kemapuan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan teknik parafrase wacana dialog. Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa dapat dilihat dari nilai karangan siswa yang selalu meningkat pada setiap
siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 38%, pada Siklus II 64%, dan Siklus III 89%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan sekaligus mampu meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11890 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11890 https://eprints.ums.ac.id/11890/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) SUHARTI , SUHARTI L Education (General) Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 27 siswa (12 putra dan 15 putri) dan guru kelas IV SD. Sumber data yang digunakan yaitu: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, tes/pemberian tugas menulis, dan analisis. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, analisis masalah, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survey awal, siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran dan peran peneliti sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan : 1) keaktifan siswa; 2) kemapuan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan teknik parafrase wacana dialog. Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa dapat dilihat dari nilai karangan siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 38%, pada Siklus II 64%, dan Siklus III 89%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan sekaligus mampu meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/1/COVER_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11890/13/LAMPIRAN.pdf SUHARTI , SUHARTI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510081038 |
spellingShingle | L Education (General) SUHARTI , SUHARTI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title_full | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title_short | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas) |
title_sort | upaya peningkatan kemampuan menulis narasi dengan teknik parafrase wacana dialog pada siswa kelas iv sd negeri iii munggung kecamatan karangdowo kabupaten klaten penelitian tindakan kelas |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11890/ |
work_keys_str_mv | AT suhartisuharti upayapeningkatankemampuanmenulisnarasidenganteknikparafrasewacanadialogpadasiswakelasivsdnegeriiiimunggungkecamatankarangdowokabupatenklatenpenelitiantindakankelas |