UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SUMBEREJO KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan pendidikan ini adalah : 1) Untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan media gambar. 2) Untuk melatih ketrampilan menulis permulaan sehingga anak memiliki pengetahuan dasar yang tepat dalam pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Pen...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: ISTIQOMAH , HARYANI
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/11888/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Tujuan pendidikan ini adalah : 1) Untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan media gambar. 2) Untuk melatih ketrampilan menulis permulaan sehingga anak memiliki pengetahuan dasar yang tepat dalam pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan hasil belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 13 siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Kecamatan Klaten Selatan Kabupatan Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata dari 65,8 pada pra tindakan menjadi 69,2 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 69,2 menjadi 72,3. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 75,8. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran media gambar dapat meningkatkan ketrampilan menulis permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011.