MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JULAEHA , SITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11887/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995462958153728
author JULAEHA , SITI
author_facet JULAEHA , SITI
author_sort JULAEHA , SITI
collection ePrints
description Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, paparan data dan manarik kesimpulan atau ferifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, hal tersebut diketahui dari nilai rata- rata 61,24 pada prasiklus menjadi 65,8 pada tindakan siklus I, sedangkan peningkatan rata –rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65,8 menjadi 70,4 sedangkan rata – rata dari siklus II ke siklus III meningkat dari 70,4 menjadi 75,7. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis karangan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11887
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11887 https://eprints.ums.ac.id/11887/ MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 JULAEHA , SITI L Education (General) Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, paparan data dan manarik kesimpulan atau ferifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, hal tersebut diketahui dari nilai rata- rata 61,24 pada prasiklus menjadi 65,8 pada tindakan siklus I, sedangkan peningkatan rata –rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65,8 menjadi 70,4 sedangkan rata – rata dari siklus II ke siklus III meningkat dari 70,4 menjadi 75,7. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis karangan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11887/1/2._COVER_DAN_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11887/2/1._SKRIPSI.pdf JULAEHA , SITI (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510081034
spellingShingle L Education (General)
JULAEHA , SITI
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di kelas vi sd negeri 1 jimbung kecamatan kalikotes kabupaten klaten tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11887/
work_keys_str_mv AT julaehasiti meningkatkankemampuansiswamenuliskaranganpadamatapelajaranbahasaindonesiadenganmenggunakanpendekatanketerampilanprosesdikelasvisdnegeri1jimbungkecamatankalikoteskabupatenklatentahunpelajaran20102011