MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JULAEHA , SITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11887/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, paparan data dan manarik kesimpulan atau ferifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, hal tersebut diketahui dari nilai rata- rata 61,24 pada prasiklus menjadi 65,8 pada tindakan siklus I, sedangkan peningkatan rata –rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65,8 menjadi 70,4 sedangkan rata – rata dari siklus II ke siklus III meningkat dari 70,4 menjadi 75,7. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis karangan.