PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KAYUAPAK KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/20110. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11884/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran cooperative script
dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02
Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/20110. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-
masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah teknik analisis deskriptif yang
meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar
siswa pada siklus I adalah 60% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Hal ini
menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada
siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar
PKn siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun
ajaran 2010/2011.
|
---|