PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KAYUAPAK KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/20110. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANTI , FITRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11884/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/20110. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah teknik analisis deskriptif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 60% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.