PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: VIKTORI DM., RINA
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/11883/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
Նկարագրություն
Ամփոփում:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011.