PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Ngijo Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, beserta kendala dalam penerapannya. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11873/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal
cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, beserta
kendala dalam penerapannya. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian (variable Y), sedangkan
variable tindakan (variable X) yang digunakan adalah Pembelajaran Kooperatif
Tipe Mencari Pasangan (Make a Match). Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindkan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu :
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sample penelitian ini
adalah siswa kelas II SD N 01 Ngijo yang berjumlah 21 anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, arsip dan dokumentasi, tes,
perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif
yang mempunyai 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan
(Make a Match) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan
soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo,
Tasikmadu, Karanganyar. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum
dilaksanakan tindakan ketuntasan klasikal siswa sebesar 19,07 %, siklus I dengan
ketuntasan klasikal sebesar 60 %, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar
83,1 %. Dengan demikian, dapat diajukan rekomendasi bahwa penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match)dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung
perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar.
|
---|