UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA ANTAR SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIKUWUNG JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama antar siswa dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode peer lessons pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tind...
Αποθηκεύτηκε σε:
Κύριος συγγραφέας: | |
---|---|
Μορφή: | Thesis |
Γλώσσα: | English English English English English English English English |
Έκδοση: |
2011
|
Θέματα: | |
Διαθέσιμο Online: | https://eprints.ums.ac.id/11872/ |
Ετικέτες: |
Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
|
Περίληψη: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama antar siswa dan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode peer lessons
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar
Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung
Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.Jumlah siswa tersebut adalah 12
siswa terdiri dari 4 siswa putri dan 8 siswa putra.Penelitian mengambil materi
bagian-bagian bunga dengan fungsinya pada mata pelajaran IPA. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, post test dan dokumentasi. Hasil analisis
data bahwa penerapan model pembelajaran peer lessons dapat meningkatkan
kerjasama antar siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01
Jatikuwung tahun pelajaran 2010/2012. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas
IV SD Negeri 01 Jatikuwung tahun pelajaran 2010/2011 ditunjukkan dari
peningkatan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 63,8 menjadi 68,3 pada siklus II
dan 72,5 pada siklus III. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai siswa
kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran
2010/2011 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya.
Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi
bagian-bagian bunga dengan fungsinya. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran peer lessons ternyata
dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tentang bagian-
bagian bunga dengan fungsinya dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus
selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa.
Selain itu dengan penerapan pembelajaran peer lessons membuat suasana kelas
menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. |
---|