METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ata...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11870/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995458027749376 |
---|---|
author | HANDAYANI, ESTU |
author_facet | HANDAYANI, ESTU |
author_sort | HANDAYANI, ESTU |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33
siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri
dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau
observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD
Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi
belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa
prestasi belajar Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD
Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus
berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada
siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan
hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai
keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap
materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu
membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain
itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi
kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan.
Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru
melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada
di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain
jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11870 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11870 https://eprints.ums.ac.id/11870/ METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 HANDAYANI, ESTU L Education (General) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/3/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/5/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/7/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/8/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/11/Lampiran.pdf HANDAYANI, ESTU (2011) METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070663 |
spellingShingle | L Education (General) HANDAYANI, ESTU METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | metode role playing untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas v sekolah dasar negeri 01 suruhkalang kecamatan jaten kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11870/ |
work_keys_str_mv | AT handayaniestu metoderoleplayinguntukmeningkatkanprestasisiswadalampembelajaranbahasaindonesiadikelasvsekolahdasarnegeri01suruhkalangkecamatanjatenkabupatenkaranganyartahunpelajaran20092010 |