METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ata...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, ESTU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11870/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995458027749376
author HANDAYANI, ESTU
author_facet HANDAYANI, ESTU
author_sort HANDAYANI, ESTU
collection ePrints
description Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11870
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11870 https://eprints.ums.ac.id/11870/ METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 HANDAYANI, ESTU L Education (General) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/3/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/5/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/7/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/8/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11870/11/Lampiran.pdf HANDAYANI, ESTU (2011) METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070663
spellingShingle L Education (General)
HANDAYANI, ESTU
METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort metode role playing untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas v sekolah dasar negeri 01 suruhkalang kecamatan jaten kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11870/
work_keys_str_mv AT handayaniestu metoderoleplayinguntukmeningkatkanprestasisiswadalampembelajaranbahasaindonesiadikelasvsekolahdasarnegeri01suruhkalangkecamatanjatenkabupatenkaranganyartahunpelajaran20092010