METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ata...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: HANDAYANI, ESTU
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/11870/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran