PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA MELALUI METODE POLYA PADA SISWA KELAS III MIM NGWARU MATESIH TAHUN AJARAN 2009/2010
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami permasalahan soal cerita matematika, (2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat matematika matematika, (3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan kalimat matematika,(4) Meningkatkan h...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11865/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
memahami permasalahan soal cerita matematika, (2) Meningkatkan kemampuan
siswa dalam membuat kalimat matematika matematika, (3) Meningkatkan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan kalimat matematika,(4) Meningkatkan
hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pokok bahasan
pecahan sederhana dengan menggunakan metode polya. Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas kelas III MIM Ngwaru Matesih yang berjumlah 17
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan,
test dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam
memahami soal, kemampuan membuat kalimat matematika dan kemampuan
menyelesaikan kalimat matematika. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui metode polya. Hal ini
dapat dilihat dari kemampuan siswa memahami soal cerita matematika sebelum
diadakan tindakan 23,53 % setelah dilakukan tindakan mencapai 82,35 %,
sedangkan kemampuan siswa membuat kalimat matematika sebelum diadakan
tindakan 35,29 % setelah dilakukan tindakan mencapai 88,24% dan kemampuan
menyelesaikan kalimat matematika sebelum diadakan tindakan 11,76 % setelah
dilakukan tindakan mencapai 88,24 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum
diadakan tindakan 11,76 % setelah dilakukan tindakan yang memperoleh nilai ≥
75 mencapai 88,24 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan
metode polya dalam menyelesaikan soal cerita maka terjadi peningkatan
kemampuan siswa dalam memahami soal cerita, membuat kalimat matematika
dan menyelesaikan kalimat matematika, sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar belajar siswa pada pokok bahasan pecahan sederhana. |
---|