PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH MUHAMMADIYAH CEKEL GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIM Cekel Kecamatan Gondangrejo tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/11864/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS
dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIM Cekel Kecamatan
Gondangrejo tahun pelajaran 2009/2010.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch)
dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIM
Cekel Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.
Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam
observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif
yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam
bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dalam Bab IV dapat diketahui
bahwa. 1. Nilai rata hasil belajar IPS siswa Kelas IV Semester II sebelum siklus
sebesar 64; pada siklus I sebesar 69, pada siklus II sebesar 75 sehingga terdapat
kenaikan nilai rata – rata dari sebelum siklus ke siklus I ke siklus II; 2. Prosentase
ketuntasan belajar siswa sebelum siklus sebesar 50 % (11 siswa tuntas dalam
belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa; pada siklus I menunjukkan angka sebesar
77,3 % ( 17 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa), pada siklus II
sebesar 100 % (22 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa).
Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar IPS setelah
pembelajaran dengan media gambar pada siswa Kelas IV Semester II MIM Cekel
Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2009 / 2010. |
---|