PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karan...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicat: |
2011
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/11863/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
_version_ | 1804995456101515264 |
---|---|
author | Irnawati , Ika Ufik |
author_facet | Irnawati , Ika Ufik |
author_sort | Irnawati , Ika Ufik |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika
dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan
hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada
siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten
Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan
model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa
kelas III SD Negeri 05 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar
dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian
data dan penarikan simpulan atau verivikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan
melalui penggunaan media gambar dan mata uang dapat meningkatkan minat
belajar dan hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran matematika tentang operasi
hitung bilangan sampai dengan tiga angka, dapat terjawab dan teruji
kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pembelajaran siklus
I dari 30 siswa yang telah tuntas ada 17 siswa atau 56%, sedangkan siklus II hasil
pembelajaran dengan indikator hasil nilai formatif terdapat 25 siswa yang tuntas
atau 84 % dan pada siklus III secara keseluruhan dapat tuntas atau sebanyak 30
siswa mencapai ketuntasan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11863 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11863 https://eprints.ums.ac.id/11863/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Irnawati , Ika Ufik L Education (General) Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan melalui penggunaan media gambar dan mata uang dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan sampai dengan tiga angka, dapat terjawab dan teruji kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pembelajaran siklus I dari 30 siswa yang telah tuntas ada 17 siswa atau 56%, sedangkan siklus II hasil pembelajaran dengan indikator hasil nilai formatif terdapat 25 siswa yang tuntas atau 84 % dan pada siklus III secara keseluruhan dapat tuntas atau sebanyak 30 siswa mencapai ketuntasan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/13/DAFTAR__PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11863/15/LAMPIRAN.pdf Irnawati , Ika Ufik (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070625 |
spellingShingle | L Education (General) Irnawati , Ika Ufik PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | peningkatan hasil belajar matematika pada konsep operasi hitung bilangan sampai tiga angka dengan media gambar dan alat peraga uang pada siswa kelas iii sd negeri 05 karangrejo kecamatan kerjo karanganyar tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11863/ |
work_keys_str_mv | AT irnawatiikaufik peningkatanhasilbelajarmatematikapadakonsepoperasihitungbilangansampaitigaangkadenganmediagambardanalatperagauangpadasiswakelasiiisdnegeri05karangrejokecamatankerjokaranganyartahunpelajaran20102011 |