PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karan...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11863/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika
dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan
hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada
siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten
Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan
model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa
kelas III SD Negeri 05 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar
dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian
data dan penarikan simpulan atau verivikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan
melalui penggunaan media gambar dan mata uang dapat meningkatkan minat
belajar dan hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran matematika tentang operasi
hitung bilangan sampai dengan tiga angka, dapat terjawab dan teruji
kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pembelajaran siklus
I dari 30 siswa yang telah tuntas ada 17 siswa atau 56%, sedangkan siklus II hasil
pembelajaran dengan indikator hasil nilai formatif terdapat 25 siswa yang tuntas
atau 84 % dan pada siklus III secara keseluruhan dapat tuntas atau sebanyak 30
siswa mencapai ketuntasan. |
---|