UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MODEL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep sifat bangun datar dengan menggunakan media model bangun datar pada siswa kelas IV SDN 04 Kuto. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terd...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11861/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika
tentang konsep sifat bangun datar dengan menggunakan media model bangun datar
pada siswa kelas IV SDN 04 Kuto.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD
Negeri 04 Kuto kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 16
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan
teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dari 16
siswa terdapat 12 siswa yang belum mencapai tuntas, sedangkan siklus II berkurang
tinggal 9 siswa yang belum mencapai taraf tuntas. Keadaan ini menunjukkan ada
pengurangan jumlah siswa yang belum tuntas dalam menguasai materi
pembelajaran. Hasil dari pembelajaran siklus II diketahui dari 9 siswa yang belum
mencapai taraf tuntas dapat berkurang tinggal 5 siswa yang mengalami
ketidaktuntasan. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai formatif siswa meskipun
masih terdapat 5 siswa yang belum tuntas dan menurut indikator kinerja yang telah
ditentukan menunjukkan target ketuntasan siswa kelas IV pada materi matematika
dapat terpenuhi 70 % dari indikator kinerja yang ada. Skenario pembelajaran siklus
II ditindaklanjuti dengan pembelajaran siklus III dengan hasil dari 16 siswa yang
belum mencapai taraf tuntas tinggal 2 siswa, jadi telah mencapai indikator kinerja
80 %.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab,
bahwa melalui penggunaan media model bangun datar dapat meningkatkan hasil
belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
04 Kuto. |
---|