PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Tahun 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan PTK. Subjek penelitian adalah guru dan sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIANA, WIDYA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11860/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995455277334528
author YULIANA, WIDYA
author_facet YULIANA, WIDYA
author_sort YULIANA, WIDYA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Tahun 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan PTK. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar IPS siswa kelas IV Semester II sebelum siklus 65, pada siklus I sebesar 70, pada siklus II sebesar 75 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase etuntasan belajar siswa sebelum siklus menunjukkan angka sebesar 62,5 % (10 siswa tuntas belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa)pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 12 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa), pada siklus II sebesar 100 % (16 siswa tuntas). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari sebelum siklus ke siklus I selanjutnya ke siklus II. Berdasarkan uaraian di atas maka disimpulkan sebagai berikut: Melalui metode mind mapping dapat meningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009 / 2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11860
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11860 https://eprints.ums.ac.id/11860/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010 YULIANA, WIDYA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Tahun 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan PTK. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar IPS siswa kelas IV Semester II sebelum siklus 65, pada siklus I sebesar 70, pada siklus II sebesar 75 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase etuntasan belajar siswa sebelum siklus menunjukkan angka sebesar 62,5 % (10 siswa tuntas belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa)pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 12 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa), pada siklus II sebesar 100 % (16 siswa tuntas). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari sebelum siklus ke siklus I selanjutnya ke siklus II. Berdasarkan uaraian di atas maka disimpulkan sebagai berikut: Melalui metode mind mapping dapat meningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009 / 2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/1/Depan_Widya_Yuliana_Syarat_Wsuda.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/2/Bab_I_Widya_Yuliana.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/5/Bab__II__Widya_Yuliana.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/6/Bab__II__Widya_Yuliana.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/9/BAB_IV_Widya_Yuliana_revisi_ujian.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/10/BAB_V_Widya_Tuliana.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/11/DAFTAR_PUSTAKA_Widya_Yuliana.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11860/14/Lampiran_1Widya_Yuliana.pdf YULIANA, WIDYA (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070577
spellingShingle L Education (General)
YULIANA, WIDYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010
title_sort peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas iv sd negerisidokerto kecamatan plupuh kabupaten sragen tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11860/
work_keys_str_mv AT yulianawidya peningkatanhasilbelajarilmupengetahuansosialdenganmenggunakanmetodemindmappingpadasiswakelasivsdnegerisidokertokecamatanplupuhkabupatensragentahun20092010