UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian Tindakan Kelas. Dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menerapkan pendekatan konsektual dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nangsri kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peni...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/11859/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Penelitian Tindakan Kelas. Dengan rumusan masalah yaitu: Apakah
dengan menerapkan pendekatan konsektual dapat meningkatkan hasil belajar
PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nangsri kecamatan Kebakkramat
Kabupaten Karanganyar?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV dengan
pendekatan konsektual.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, test,
dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi
penelitian ini berupa lembar kerja tes,serta daftar nilai kelas IV SD Negeri 01
Nangsri. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik
analisis data diskripti kualitif yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data,
sjaian data (display data), dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian siklus I keaktifan belajar siswa selama apresiasi sebesar
37%, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sebesar 42%, kemampuan
siswa dalam memecahkan masalah dalam kelompok sebesar 33%, dan
keantusian siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 25%. Pada siklus II
keaktifan belajar siswa selama apersepsi sebesar 50%, keaktifan siswa selama
proses pembelajaran sebesar 58%, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
dalam kelompok sebesar 54%, dan keantusiasan siswa dalam mengemukakan
pendapat sebesar 42% . Dan pada siklus III keaktifan belajarn siswa selama
appersepsi sebesar 75%, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sebesar
71%, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kelompok
79%, dan keantusiasan siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 83%.
Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan konsektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01
Nangsri tahun pelajaran 2010/2011. |
---|