PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 NGEPUNGSARI JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan eksploratory discovery pada siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti d...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado em: |
2011
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/11854/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan eksploratory discovery pada siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun 2010/2011. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, serta
test. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif yang memiliki tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak diantara empat komponen termasuk (proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data
berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar IPA siswa kelas IV semester 2 pada siklus I sebesar 68, pada siklus II sebesar 79 sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II; 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka 46,6% (7 siswa tuntas dalam belajarnya dari 15 siswa), pada siklus II sebesar 93,3% (14 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh 15 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan pendekatan eksploratory discovery dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. |
---|