PENERAPAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI PERATURAN PERUNDANG –UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inside- outside circle dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUWANA , KLARA SARI DEVI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11852/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inside- outside circle dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting) Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa materi Peraturan perundang-undangan yang dilakukan melalui tes pada akhir setiap siklus. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pra siklus atau tahap sebelum dilakukan pembelajaran adalah 40%, kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan belajar siswa dibuktikan dengan hasil semua siswa kelas V mendapatkan nilai ≥ 7,0 sesuai KKM yang ditetapkan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inside-outside circle terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang- undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011.