PENERAPAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI PERATURAN PERUNDANG –UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inside- outside circle dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Pene...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11852/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inside-
outside circle dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi
Peraturan Perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan
Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi
(observating), dan refleksi (reflecting)
Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang
terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan
penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa materi
Peraturan perundang-undangan yang dilakukan melalui tes pada akhir setiap
siklus.
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data
ketuntasan belajar siswa pra siklus atau tahap sebelum dilakukan pembelajaran
adalah 40%, kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, dan
meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan belajar
siswa dibuktikan dengan hasil semua siswa kelas V mendapatkan nilai ≥ 7,0
sesuai KKM yang ditetapkan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan metode inside-outside circle terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang-
undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun
Ajaran 2010/2011.
|
---|