UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE QUESTION FLAG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: HARDINASARI , FARIDA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11849/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan penggunaan metode Question Flag pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata awal siswa 61,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 22,73 %. Siklus I diketahui nilai rerata 71,36 ketuntasan secara klasikal mencapai 59,09 %. Siklus II diketahui nilai rerata 75,68 ketuntasan secara klasikal mencapai 100 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode Question Flag dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karangnyar.