PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KEC. JATIYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 03 Wonorejo melalui metode snowball throwing, (2) Untuk mengetahui dampak kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 03 Wonorejo....

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WULANDARI , DWI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11847/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 03 Wonorejo melalui metode snowball throwing, (2) Untuk mengetahui dampak kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 03 Wonorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research/CAR) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelasnya focus terhadap kualitas pembelajaran yang meliputi proses dan hasil pembelajaran di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 03 Wonorejo tahun ajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif yaitu metode snowball throwing. Data yang digunakan sebagai pembanding adalah nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS semester II tahun ajaran 2009/2010. Pada kelas yang dilakukan tindakan pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas didapatkan hasil : (1) Pembelajaran IPS menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa. (pra siklus = 37,3%, siklus I = 52%, siklus II = 68,67%, siklus III = 76,67%) (2) Adanya dampak peningkatan tingkat kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa (pra siklus = 52%, siklus I = 60%, siklus II 68%, siklus III = 88%). Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Penggunaan metode snowball throwing pada pokok bahasan usaha ekonomi di Indonesia dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa. (2) Peningkatan kreatifitas belajar siswa berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa.