PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KEC. JATIYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 03 Wonorejo melalui metode snowball throwing, (2) Untuk mengetahui dampak kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 03 Wonorejo....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11847/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan
kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 03 Wonorejo
melalui metode snowball throwing, (2) Untuk mengetahui dampak kreatifitas
belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 03 Wonorejo.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research/CAR) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan
memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelasnya focus terhadap kualitas
pembelajaran yang meliputi proses dan hasil pembelajaran di kelas. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 03 Wonorejo tahun ajaran
2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa.
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif yaitu
metode snowball throwing.
Data yang digunakan sebagai pembanding adalah nilai ulangan harian
pada mata pelajaran IPS semester II tahun ajaran 2009/2010. Pada kelas yang
dilakukan tindakan pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan
metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas didapatkan hasil : (1)
Pembelajaran IPS menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan
kreatifitas belajar siswa. (pra siklus = 37,3%, siklus I = 52%, siklus II = 68,67%,
siklus III = 76,67%) (2) Adanya dampak peningkatan tingkat kreatifitas belajar
siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa (pra siklus = 52%, siklus I = 60%,
siklus II 68%, siklus III = 88%).
Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Penggunaan metode
snowball throwing pada pokok bahasan usaha ekonomi di Indonesia dapat
meningkatkan kreatifitas belajar siswa. (2) Peningkatan kreatifitas belajar siswa
berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa. |
---|