PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENJAWAB PERTANYAAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MENGGUNAKAN MEDIA TURUS PADA SISWA KELAS V SDN JAPOH 2 KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN Japoh 2 dalam menjawab pertanyaan pada pokok bahasan kelipatan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) melalui pemanfaatan alat peraga turus. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Japoh 2 dengan...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado em: |
2010
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/11844/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan keterampilan
siswa SDN Japoh 2 dalam menjawab pertanyaan pada pokok bahasan kelipatan
dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) melalui pemanfaatan alat peraga turus.
(2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Japoh 2 dengan
pemanfaatan alat peraga turus pada pokok bahasan kelipatan dan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK). Metode pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi partisipasitif, wawancara, dokumentasi, dan
tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian
yaitu berupa lembar wawancara, lembar observasi siswa, daftar nilai dan
daftar kelas V SDN Japoh 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan
teknik analisis data diskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data,
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Ada peningkatan keterampilan siswa dalam
menjawab pertanyaan matematika yang meliputi aspek: (a) Siswa yang aktif
menjawab pertanyaan guru pada awal siklus sebesar 50% dan pada akhir siklus
sebesar 70%, (b) Siswa yang berani mengerjakan soal dipapan tulis pada awal
siklus sebesar 36% dan pada akhir siklus sebesar 67%, (c) Siswa yang aktif
dalam pembelajaran pada awal siklus sebesar 53% dan pada akhir siklus sebesar
82%, (d) Siswa yang aktif mengerjakan tugas rumah pada awal siklus sebesar
42% pada akhir siklus sebesar 75% (e) Siswa yang aktif dalam penggunaan alat
peraga turus dalam pembelajaran pada awal siklus sebesar 39% dan pada akhir
siklus sebesar 67%. (2) Terdapatnya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa
sebelum diadakannya suatu tindakan sebesar 54% dan setelah dilakukan
tindakan mencapai ketuntasan sebesar 93%. Dengan demikian dari penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa (1) Dengan penggunaan media turus dapat
meningkatkan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan matematika, (2)
Dengan menggunakan media turus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
V SDN Japoh 2 tahun pelajaran 2010. |
---|