PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. S...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11842/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995450623754240 |
---|---|
author | ROHMAH , ATIK WINARNI |
author_facet | ROHMAH , ATIK WINARNI |
author_sort | ROHMAH , ATIK WINARNI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran
matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N
Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah
motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya
indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti
pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II
70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan
di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan
43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11842 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11842 https://eprints.ums.ac.id/11842/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 ROHMAH , ATIK WINARNI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II 70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan 43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/7/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/13/9._LAMPIRAN.pdf ROHMAH , ATIK WINARNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070256 |
spellingShingle | L Education (General) ROHMAH , ATIK WINARNI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title | PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title_full | PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title_short | PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 |
title_sort | peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching and learning ctl pada mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas v sd n gumpang 01 th 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11842/ |
work_keys_str_mv | AT rohmahatikwinarni peningkatanmotivasibelajarsiswadalamprosespembelajaranmelaluipendekatancontextualteachingandlearningctlpadamatapelajaranmatematikamateribangundatarsiswakelasvsdngumpang01th20102011 |