PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROHMAH , ATIK WINARNI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11842/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995450623754240
author ROHMAH , ATIK WINARNI
author_facet ROHMAH , ATIK WINARNI
author_sort ROHMAH , ATIK WINARNI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II 70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan 43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11842
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11842 https://eprints.ums.ac.id/11842/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011 ROHMAH , ATIK WINARNI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II 70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan 43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/7/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11842/13/9._LAMPIRAN.pdf ROHMAH , ATIK WINARNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070256
spellingShingle L Education (General)
ROHMAH , ATIK WINARNI
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title_full PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title_short PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011
title_sort peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching and learning ctl pada mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas v sd n gumpang 01 th 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11842/
work_keys_str_mv AT rohmahatikwinarni peningkatanmotivasibelajarsiswadalamprosespembelajaranmelaluipendekatancontextualteachingandlearningctlpadamatapelajaranmatematikamateribangundatarsiswakelasvsdngumpang01th20102011