UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW KELAS V SDN 03 JATISOBO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. bagi siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11840/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. bagi
siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar
tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa
kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun
pelajaran 2009/2010. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah
Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil
belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) Pra Tindakan jumlah anak yang
nilainya dibawah KKM sebanyak 16 anak atau 73 % sedangkan jumlah anak yang
nilainya diatas KKM 6 anak atau 27 %, (2) siklus I jumlah anak yang nilainya
dibawah KKM sebanyak 12 anak atau 54,5 % sedangkan jumlah anak yang
nilainya diatas KKM 10 anak atau 45,5 %, (3) siklus II jumlah anak yang nilainya
dibawah KKM sebanyak 6 anak atau 27 % sedangkan jumlah anak yang nilainya
di atas KKM 16 anak atau 73%, (4) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah
KKM sebanyak 0 atau 0 %, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 22
anak atau 100%.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan
Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw prosentase hasil belajar
dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V
semester I SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun
pelajaran 2009/2010.
|
---|