PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI TO 1 SMK Muhammadiyah Sukoharjo dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PARYANTI , SRI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11833/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI TO 1 SMK Muhammadiyah Sukoharjo dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif, sehingga penelitian ini melakukan kerjasama dengan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam yang selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan menggunakan siklus-siklus dengan langkah : 1) observasi awal, 2) perencanaan tindakan, 3) pelaksanaan tindakan, 4) refleksi pada setiap tindakan atau siklus yang dilakukan, 5) evaluasi terhadap hasil akhir tindakan pada setiap siklusnya. Dari penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 3 siklus penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan cara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi siswa meningkat pada siklus III dari partisipasi siswa pada siklus I dan II. Rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi (meningkat) dari siklus I dan siklus II dilihat dari aspek kognitif (80,6 > 75,5 > 71,1) dengan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 juga mengalami peningkatan (85% > 76% > 39% = 39%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa menggunakan strategi Question Student Have.