PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI TO 1 SMK Muhammadiyah Sukoharjo dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11833/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI TO 1 SMK Muhammadiyah Sukoharjo dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif, sehingga penelitian ini melakukan kerjasama dengan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan
Alam yang selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan menggunakan siklus-siklus dengan langkah : 1) observasi awal, 2) perencanaan tindakan, 3) pelaksanaan tindakan, 4) refleksi pada setiap tindakan atau siklus yang dilakukan, 5) evaluasi terhadap hasil akhir tindakan pada setiap siklusnya. Dari penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 3 siklus penelitian. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan cara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi siswa meningkat pada siklus III dari partisipasi siswa pada siklus I dan II. Rata-rata
hasil belajar siklus III lebih tinggi (meningkat) dari siklus I dan siklus II dilihat dari aspek kognitif (80,6 > 75,5 > 71,1) dengan banyak siswa yang mendapat nilai lebih
dari 75 juga mengalami peningkatan (85% > 76% > 39% = 39%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa
menggunakan strategi Question Student Have. |
---|