PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANTI , IDA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11831/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995447554572288
author ARIYANTI , IDA
author_facet ARIYANTI , IDA
author_sort ARIYANTI , IDA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru biologi yang dibantu peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari: 1) keaktifan indera sebelum diadakan tindakan 13,79% dan di akhir tindakan mencapai 82,75%, 2) keaktifan akal sebelum diadakan tindakan sebesar 20,69% dan di akhir tindakan mencapai 79,31%, 3) keaktifan ingatan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,34% dan di akhir tindakan mencapai 75,86%, 4) keaktifan emosi sebelum diadakan tindakan sebesar 31,03% dan di akhir tindakan sebesar 100%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari: 1) ranah kognitif sebelum tindakan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 24,14% dan di akhir tindakan mencapai 86,21%, 2) ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu 49,20%, 71,61% dan 85,68%. Hasail penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer dalam pembelajaran biologi pada sub- pokok bahasan klasifikasi tumbuhan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11831
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11831 https://eprints.ums.ac.id/11831/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011) ARIYANTI , IDA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru biologi yang dibantu peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari: 1) keaktifan indera sebelum diadakan tindakan 13,79% dan di akhir tindakan mencapai 82,75%, 2) keaktifan akal sebelum diadakan tindakan sebesar 20,69% dan di akhir tindakan mencapai 79,31%, 3) keaktifan ingatan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,34% dan di akhir tindakan mencapai 75,86%, 4) keaktifan emosi sebelum diadakan tindakan sebesar 31,03% dan di akhir tindakan sebesar 100%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari: 1) ranah kognitif sebelum tindakan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 24,14% dan di akhir tindakan mencapai 86,21%, 2) ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu 49,20%, 71,61% dan 85,68%. Hasail penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer dalam pembelajaran biologi pada sub- pokok bahasan klasifikasi tumbuhan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/11/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/13/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/16/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11831/18/09._Lampiran.pdf ARIYANTI , IDA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070100
spellingShingle L Education (General)
ARIYANTI , IDA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_sort penerapan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa ptk di kelas viic smp negeri 3 sawit boyolali tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11831/
work_keys_str_mv AT ariyantiida penerapanstrategipembelajaranaktiftipegivingquestionsandgettinganswersebagaiupayameningkatkankeaktifandanhasilbelajarbiologisiswaptkdikelasviicsmpnegeri3sawitboyolalitahunpelajaran20102011