PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (PTK di Kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/11831/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi
siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada
sub-pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Sawit
Boyolali yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru biologi
yang dibantu peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan
dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi sub-pokok bahasan
klasifikasi tumbuhan melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting
answer. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari: 1) keaktifan indera sebelum
diadakan tindakan 13,79% dan di akhir tindakan mencapai 82,75%, 2) keaktifan akal
sebelum diadakan tindakan sebesar 20,69% dan di akhir tindakan mencapai 79,31%, 3)
keaktifan ingatan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,34% dan di akhir tindakan
mencapai 75,86%, 4) keaktifan emosi sebelum diadakan tindakan sebesar 31,03% dan di
akhir tindakan sebesar 100%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari: 1) ranah
kognitif sebelum tindakan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan
minimum (KKM) sebesar 24,14% dan di akhir tindakan mencapai 86,21%, 2) ranah
afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu 49,20%, 71,61% dan
85,68%. Hasail penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
aktif tipe giving questions and getting answer dalam pembelajaran biologi pada sub-
pokok bahasan klasifikasi tumbuhan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa. |
---|