PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, yaitu dengan strategi reading guide dan role playing dalam pembelajaran biologi. Strategi reading guide merupakan strategi yang berfungsi untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARSANTI , NURI WIDDHI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11830/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995447280893952
author HARSANTI , NURI WIDDHI
author_facet HARSANTI , NURI WIDDHI
author_sort HARSANTI , NURI WIDDHI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, yaitu dengan strategi reading guide dan role playing dalam pembelajaran biologi. Strategi reading guide merupakan strategi yang berfungsi untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi role playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, presentasi, dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 59,16 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 74,34, dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 79,28. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan strategi reading guide dan role playing siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Pada ranah kognitif sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79,28. Untuk ranah kognitif proses mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 20,40 dengan kriteria baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,30 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 21,70 dengan kriteria sangat baik. Untuk ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 18,80 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua 19,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,80 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, sedangkan secara individual baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif sudah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa terbukti pada semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11830
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11830 https://eprints.ums.ac.id/11830/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011 HARSANTI , NURI WIDDHI L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, yaitu dengan strategi reading guide dan role playing dalam pembelajaran biologi. Strategi reading guide merupakan strategi yang berfungsi untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi role playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, presentasi, dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 59,16 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 74,34, dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 79,28. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan strategi reading guide dan role playing siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Pada ranah kognitif sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79,28. Untuk ranah kognitif proses mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 20,40 dengan kriteria baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,30 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 21,70 dengan kriteria sangat baik. Untuk ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 18,80 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua 19,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,80 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, sedangkan secara individual baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif sudah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa terbukti pada semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/5/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/14/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/15/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11830/19/09._Lampiran.pdf HARSANTI , NURI WIDDHI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070008
spellingShingle L Education (General)
HARSANTI , NURI WIDDHI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok materi sistem pernapasan pada manusia melalui strategi reading guide dan role playing pada siswa kelas viii c smp negeri 2 gatak sukoharjo tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11830/
work_keys_str_mv AT harsantinuriwiddhi peningkatanhasilbelajarbiologipokokmaterisistempernapasanpadamanusiamelaluistrategireadingguidedanroleplayingpadasiswakelasviiicsmpnegeri2gataksukoharjotahunajaran20102011