PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem Pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11829/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem
Pernapasan pada Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan Strategi
Reading Guide dan Role Playing. Strategi Reading Guide merupakan strategi
pembelajaran untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks
bacaan. Strategi Role Playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara
dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Metode yang digunakan
adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok dan
ceramah. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang
dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII A SMP Negeri 2
Sawit Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif
produk didapat nilai rata-rata kelas 60,90. Pada siklus I meningkat dengan nilai
rata-rata kelas (68,29), dan siklus II (75,14). Pada ranah kognitif proses, tercapai
skor dengan kriteria baik dan sangat baik % 75 ≥ dari setiap aspek yang diamati.
Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I (16,28) dan siklus II (18,94),
sedangkan pada Role Playing siklus I (16,19) dan siklus II (19,97). Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik
penelitian kognitif produk, kognitif proses dan penilaian perilaku afektif ada
peningkatan hasil belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Role
Playing siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran
2010/2011.
|
---|