PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung selama...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURDIANAWATI , NITA DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11828/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995446733537280
author NURDIANAWATI , NITA DEWI
author_facet NURDIANAWATI , NITA DEWI
author_sort NURDIANAWATI , NITA DEWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek yang dinilai adalah aspek afektif yang berupa keaktifan siswa dan aspek kognitif yang berupa nilai dari postest) siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Penelitian di ikuti oleh 39 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Gatak. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 52,6. Rata-rata siklus I meningkat menjadi 61,3. Siklus II 68,2 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 74,4. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif pada siklus I 1,7, siklus II 2,7 dan pada siklus III 2,66. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11828
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11828 https://eprints.ums.ac.id/11828/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 NURDIANAWATI , NITA DEWI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek yang dinilai adalah aspek afektif yang berupa keaktifan siswa dan aspek kognitif yang berupa nilai dari postest) siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Penelitian di ikuti oleh 39 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Gatak. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 52,6. Rata-rata siklus I meningkat menjadi 61,3. Siklus II 68,2 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 74,4. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif pada siklus I 1,7, siklus II 2,7 dan pada siklus III 2,66. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11828/18/LAMPIRAN.pdf NURDIANAWATI , NITA DEWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070004
spellingShingle L Education (General)
NURDIANAWATI , NITA DEWI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan melalui strategi pembelajaran tipe crossword puzzle teka teki silang pada siswa kelas vii c smp negeri 1 gatak sukoharjo tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11828/
work_keys_str_mv AT nurdianawatinitadewi peningkatanhasilbelajarbiologipokokbahasanorganisasikehidupanmelaluistrategipembelajarantipecrosswordpuzzletekatekisilangpadasiswakelasviicsmpnegeri1gataksukoharjotahunajaran20102011