IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based...
Gespeichert in:
1. Verfasser: | |
---|---|
Format: | Abschlussarbeit |
Sprache: | English English English English English English English English |
Veröffentlicht: |
2011
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://eprints.ums.ac.id/11827/ |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
_version_ | 1804995446460907520 |
---|---|
author | SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA |
author_facet | SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA |
author_sort | SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran
matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran
matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses
pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based
Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan
strategi pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas VII C SMP Negeri I Plupuh yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi. Metode observasi dan metode tes sebagai
metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, metode
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi
penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yang meliputi reduksi data,
penyimpangan data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika
pada pokok bahasan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : (1) indikator pemahaman
konsep: a) siswa yang menyebutkan ciri, sifat dan faktor-faktor yang mendukung
konsep sebelum tindakan 5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar
57,5%, b) menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang
berhubungan sebelum tindakan 2,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan
sebesar 52,5%, c) mampu membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsep
sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar
37,5%, d) mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum
tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 35%. (2)
peningkatan hasil belajar matematika sebelum tindakan sebesar 67,5% dan setelah
tindakan mengalami peningkatan sebesar 97,4%. Peneliti menyimpulkan bahwa
metode PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep
dan hasil belajar matematika.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11827 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11827 https://eprints.ums.ac.id/11827/ IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri I Plupuh yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode observasi dan metode tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, metode dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyimpangan data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : (1) indikator pemahaman konsep: a) siswa yang menyebutkan ciri, sifat dan faktor-faktor yang mendukung konsep sebelum tindakan 5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 57,5%, b) menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan sebelum tindakan 2,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,5%, c) mampu membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsep sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 37,5%, d) mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 35%. (2) peningkatan hasil belajar matematika sebelum tindakan sebesar 67,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 97,4%. Peneliti menyimpulkan bahwa metode PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/9/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/11/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/14/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11827/19/09._Lampiran-Lampiran.pdf SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060266 |
spellingShingle | L Education (General) SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title_full | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title_fullStr | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title_full_unstemmed | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title_short | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I |
title_sort | implementasi strategi pembelajaran problem based learning pbl untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika ptk pada siswa kelas vii semester ii sub pokok bahasan persegi smp negeri i |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11827/ |
work_keys_str_mv | AT saputriyulianafauzytrisna implementasistrategipembelajaranproblembasedlearningpbluntukmeningkatkanpemahamankonsepdanhasilbelajarmatematikaptkpadasiswakelasviisemesteriisubpokokbahasanpersegismpnegerii |