PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo pada pokok bahasan NAPZA Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWATI , SITI MASRUROH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11825/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995445917745152
author KURNIAWATI , SITI MASRUROH
author_facet KURNIAWATI , SITI MASRUROH
author_sort KURNIAWATI , SITI MASRUROH
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo pada pokok bahasan NAPZA Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay berjalan dengan baik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Hasil penelitian dengan metode pembelajaran Course Review Horay pada siklus I dengan melakukan post test, rata- rata hasil belajar sebesar 6,4 atau meningkat sebesar 1,2 dari nilai awal (5,2), sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 21,3 termasuk dalam kategori kurang berminat. Hasil pembelajaran tindakan kelas pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif (post test) sebesar 7,2. Untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif pada siklus II adalah sebesar 37,4 (termasuk kategori cukup berminat). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif nilai awal dibanding siklus I sebesar 1,2 serta rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 0,8. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo Tahun Ajaran 2009/2010”.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11825
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11825 https://eprints.ums.ac.id/11825/ PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010 KURNIAWATI , SITI MASRUROH L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo pada pokok bahasan NAPZA Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay berjalan dengan baik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Hasil penelitian dengan metode pembelajaran Course Review Horay pada siklus I dengan melakukan post test, rata- rata hasil belajar sebesar 6,4 atau meningkat sebesar 1,2 dari nilai awal (5,2), sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 21,3 termasuk dalam kategori kurang berminat. Hasil pembelajaran tindakan kelas pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif (post test) sebesar 7,2. Untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif pada siklus II adalah sebesar 37,4 (termasuk kategori cukup berminat). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif nilai awal dibanding siklus I sebesar 1,2 serta rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 0,8. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Cepogo Tahun Ajaran 2009/2010”. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/1/COVER-INTISARI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/4/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/6/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/9/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/11/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11825/15/LAMPIRAN.pdf KURNIAWATI , SITI MASRUROH (2011) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420060061
spellingShingle L Education (General)
KURNIAWATI , SITI MASRUROH
PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN NAPZA PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CEPOGO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort penerapan metode course review horay sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan napza pada siswa kelas viiia smp negeri 1 cepogo tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11825/
work_keys_str_mv AT kurniawatisitimasruroh penerapanmetodecoursereviewhoraysebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarpokokbahasannapzapadasiswakelasviiiasmpnegeri1cepogotahunajaran20092010