PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Asses...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRADIPTA , PARIMITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11820/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995444534673408
author PRADIPTA , PARIMITA
author_facet PRADIPTA , PARIMITA
author_sort PRADIPTA , PARIMITA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  75 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11820
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11820 https://eprints.ums.ac.id/11820/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PRADIPTA , PARIMITA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  75 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/11/07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/13/09._Lampiran.pdf PRADIPTA , PARIMITA (2007) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070129
spellingShingle L Education (General)
PRADIPTA , PARIMITA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi pembelajaran instant assessment untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar ipa pada siswa kelas xi rpl 2 smk muhammadiyah 1 sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11820/
work_keys_str_mv AT pradiptaparimita penerapanstrategipembelajaraninstantassessmentuntukmeningkatkanpartisipasidanhasilbelajaripapadasiswakelasxirpl2smkmuhammadiyah1sukoharjotahunpelajaran20102011