PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Asses...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11820/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995444534673408 |
---|---|
author | PRADIPTA , PARIMITA |
author_facet | PRADIPTA , PARIMITA |
author_sort | PRADIPTA , PARIMITA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai
pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 75 sebelum
tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11820 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11820 https://eprints.ums.ac.id/11820/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PRADIPTA , PARIMITA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 75 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/11/07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11820/13/09._Lampiran.pdf PRADIPTA , PARIMITA (2007) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070129 |
spellingShingle | L Education (General) PRADIPTA , PARIMITA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran instant assessment untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar ipa pada siswa kelas xi rpl 2 smk muhammadiyah 1 sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11820/ |
work_keys_str_mv | AT pradiptaparimita penerapanstrategipembelajaraninstantassessmentuntukmeningkatkanpartisipasidanhasilbelajaripapadasiswakelasxirpl2smkmuhammadiyah1sukoharjotahunpelajaran20102011 |