PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Asses...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11820/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai
pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 75 sebelum
tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. |
---|