PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian i...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SUSILO , ARIS
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11774/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
_version_ 1804995432472903680
author SUSILO , ARIS
author_facet SUSILO , ARIS
author_sort SUSILO , ARIS
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan 61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11774
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11774 https://eprints.ums.ac.id/11774/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) SUSILO , ARIS L Education (General) Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan 61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/17/LAMPIRAN-I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/19/LAMPIRAN-II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/20/LAMPIRAN-III.pdf SUSILO , ARIS (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070303
spellingShingle L Education (General)
SUSILO , ARIS
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada aljabar melalui strategi pembelajaran course review horay ptk pada siswa kelas vii a semester gasal mts negeri gondangrejo filial ngadiluwih karanganyar tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11774/
work_keys_str_mv AT susiloaris peningkatankeaktifandanhasilbelajarmatematikapadaaljabarmelaluistrategipembelajarancoursereviewhorayptkpadasiswakelasviiasemestergasalmtsnegerigondangrejofilialngadiluwihkaranganyartahunajaran20102011