PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian i...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/11774/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
_version_ | 1804995432472903680 |
---|---|
author | SUSILO , ARIS |
author_facet | SUSILO , ARIS |
author_sort | SUSILO , ARIS |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar
matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan
(2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan
strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri
Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi
data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat
dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa
dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b)
mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c)
menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d)
mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan
61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih
dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course
Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11774 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11774 https://eprints.ums.ac.id/11774/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) SUSILO , ARIS L Education (General) Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan 61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/17/LAMPIRAN-I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/19/LAMPIRAN-II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11774/20/LAMPIRAN-III.pdf SUSILO , ARIS (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070303 |
spellingShingle | L Education (General) SUSILO , ARIS PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada aljabar melalui strategi pembelajaran course review horay ptk pada siswa kelas vii a semester gasal mts negeri gondangrejo filial ngadiluwih karanganyar tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11774/ |
work_keys_str_mv | AT susiloaris peningkatankeaktifandanhasilbelajarmatematikapadaaljabarmelaluistrategipembelajarancoursereviewhorayptkpadasiswakelasviiasemestergasalmtsnegerigondangrejofilialngadiluwihkaranganyartahunajaran20102011 |