PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian i...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11774/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar
matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan
(2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan
strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri
Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi
data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat
dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa
dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b)
mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c)
menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d)
mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan
61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih
dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course
Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. |
---|