PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI STRATEGI VISUALISASI BAGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi, dan (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi. Jenis penelitian ini...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WIBOWO , HENDRI DWI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11772/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi, dan (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pulutan, kecamatan Nogosari, kabupaten Boyolali, yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,14% meningkat menjadi 40,47 % setelah tindakan. b) antusias siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 4,76% meningkat menjadi 45,24% setelah tindakan, c) antusias siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,52% meningkat menjadi 50 % setelah tindakan, d) antusias siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 14,28% meningkat menjadi 54,76% setelah tindakan, dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 35,71% meningkat menjadi 71,43% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi visualisasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.