PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI STRATEGI VISUALISASI BAGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi, dan (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi. Jenis penelitian ini...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11772/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan
belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi, dan
(2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada garis singgung
lingkaran dengan strategi visualisasi. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek
penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pulutan,
kecamatan Nogosari, kabupaten Boyolali, yang berjumlah 42 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi
data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat
dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa
dalam bertanya sebelum tindakan 7,14% meningkat menjadi 40,47 % setelah
tindakan. b) antusias siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum
tindakan 4,76% meningkat menjadi 45,24% setelah tindakan, c) antusias siswa
dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,52% meningkat menjadi 50 %
setelah tindakan, d) antusias siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum
tindakan 14,28% meningkat menjadi 54,76% setelah tindakan, dan (2) Ada
peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari siswa yang mendapat
nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 35,71% meningkat menjadi
71,43% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan
strategi visualisasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
|
---|