PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalk...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11771/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui
strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja
siswa di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa
melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar
kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2
Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode
observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan
keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar
meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I
21,88%, putaran II 25%, dan di akhir 40,63 %. b) menjawab pertanyaan sebelum
tindakan 21,88%, putaran I 34,38%, putaran II 40,63% dan di akhir tindakan
56,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 18,75%, putaran I
34,38%, putaran II 43,75% dan di akhir tindakan 53,13%, d) mengemukakan ide
atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 18,75%, putaran II 31,25% dan
di akhir tindakan 37,5%, e) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum
tindakan 12,5%, putaran I 21,88%, putaran II 37,5% dan di akhir tindakan 43,75%
dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari
sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 56,25%, putaran II 65,63%,
putaran III 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi
pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa
dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. |
---|