PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ARITMATIKA SOSIAL DENGAN STRATEGI LEARNING CYCLE (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle. Jenis peneli...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11770/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar
matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle
dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aritmatika
sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle. Jenis penelitian PTK
kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A
MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali, yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data.
Hasil penelitian (1) peningkatan minat belajar dapat dilihat dari meningkatnya
indikator peningkatan minat meliputi: a) mengerjakan tugas mandiri, sebelum
tindakan 34,62% dan di akhir tindakan 65,38 %. b) mengemukakan pendapat atau
ide sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 46,15%, c) mengajukan
pertanyaan sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 34,62%, d)
mengerjakan tugas di depan kelas sebelum tindakan 23,08% dan di akhir tindakan
53,85%, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari
atau sama dengan 55 sebelum tindakan sebanyak 38,46% dan di akhir tindakan
69,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran
Learning Cycle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. |
---|