OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing)
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi matematika melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question),dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question). Penelitian ini...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11769/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995431101366272 |
---|---|
author | SUSANTI , DYAH |
author_facet | SUSANTI , DYAH |
author_sort | SUSANTI , DYAH |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan minat belajar siswa pada
bidang studi matematika melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a
Question),dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui
penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question). Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru
matematika kelas VII E MTs Muhammadiyah Blimbing sebagai subyek pemberi
tindakan, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E yang
berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode
observasi, metode tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang
dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran matematika
dengan penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat
meningkatkan minat belajar siswa, yang meliputi a) Kesiapan siswa dalam
mempersiapan sumber buku pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan
sebesar 26,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,67%, b) siswa
berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33%
dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70%, c) siswa aktif dalam proses
Tanya jawab dalam pelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67 % dan di
akhir pelaksanaan tindakan mencapai 73,33%, d) siswa mengerjakan PR dengan
baik sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,67% dan di akhir pelaksanaan
tindakan mencapai 83,33%, e) siswa mampu menyimpulkan hasil dari
pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% dan di akhir
pelaksanaan tindakan mencapai 80%, serta 2) pembelajaran matematika dengan
penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang
mencapai standart nilai KKM yaitu ≥ 60 sebelum dilakukan tindakan adalah
16,67% dan diakhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat digunakan
guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan minat
belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11769 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11769 https://eprints.ums.ac.id/11769/ OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) SUSANTI , DYAH L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi matematika melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question),dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII E MTs Muhammadiyah Blimbing sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran matematika dengan penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat meningkatkan minat belajar siswa, yang meliputi a) Kesiapan siswa dalam mempersiapan sumber buku pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,67%, b) siswa berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70%, c) siswa aktif dalam proses Tanya jawab dalam pelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 73,33%, d) siswa mengerjakan PR dengan baik sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33%, e) siswa mampu menyimpulkan hasil dari pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%, serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai standart nilai KKM yaitu ≥ 60 sebelum dilakukan tindakan adalah 16,67% dan diakhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/6/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/8/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/9/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/14/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11769/19/09._LAMPIRAN.pdf SUSANTI , DYAH (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070277 |
spellingShingle | L Education (General) SUSANTI , DYAH OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title | OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title_full | OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title_fullStr | OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title_full_unstemmed | OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title_short | OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing) |
title_sort | optimalisasi penggunaan metode lsq learning start with a question untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa pada himpunan ptk pembelajaran matematika kelas vii di mts muhammadiyah blimbing |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11769/ |
work_keys_str_mv | AT susantidyah optimalisasipenggunaanmetodelsqlearningstartwithaquestionuntukmeningkatkanminatbelajarmatematikasiswapadahimpunanptkpembelajaranmatematikakelasviidimtsmuhammadiyahblimbing |